Hal-Hal Yang Sering Terabaikan Dalam Promosi Website Penerjemah (Artikel)

Hal-Hal Yang Sering Terabaikan Dalam Promosi Website Penerjemah
Setelah membaca artikel bagus mengenai "strategi pemasaran yang efektif untuk website penerjemah" yang dikirimkan oleh rekan Penerjemah Tersumpah Jakarta, saya jadi tergelitik untuk menyumbangkan sebuah artikel yang mungkin bermanfaat bagi rekan-rekan pengelola biro jasa penerjemah dalam kaitannya dengan promosi website penerjemah yang rekan-rekan miliki. Anggap saja artikel ini sebagai pelengkap dari artikel mengenai strategi pemasaran efektif yang sebelumnya telah ditayangkan di direktori penerjemah Indonesia ini.

Artikel saya kali ini membahas beberapa hal yang sering diabaikan dalam promosi website, dalam hal ini adalah website penerjemah. Sebenarnya hal-hal yang akan saya ulas pada artikel ini bukanlah menjadi sesuatu yang wajib dalam promosi website penerjemah, namun ada baiknya bila kita mempertimbangkan hal-hal tersebut mengingat semakin kedepan, alogaritma dari masing-masing mesin pencari akan semakin ketat dan semakin kompleks, sehingga diperlukan kecerdasan kita untuk senantiasa mengikuti perkembangan dari metode perayapan mesin pencari terhadap website atau blog kita.

Ada beberapa hal yang sering terabaikan dalam promosi website penerjemah kita yang pada umumnya tidak kita sadari sepenuhnya bahwa hal-hal tersebut kedepannya akan memberikan dampak bagi rating atau peringkat sebuah website atau blog dimata mesin pencari, yaitu sebagai berikut.

1. Mempersiapkan Konten Situs Yang Tepat Sasaran
Seperti yang juga telah diulas pada artikel mengenai "strategi pemasaran efektif website penerjemah", mempersiapkan konten yang tepat sasaran bagi sebuah website atau blog adalah berhubungan langsung dengan rating atau peringkat website/blog kita di mata mesin pencari. Dan yang paling penting disini adalah pemilihan judul halaman dari website/blog serta analisis kata kunci merupakan hal yang teramat penting. Mesin pencari akan lebih menyukai kata-kata dari judul sebuah website/blog yang benar-benar relevan dengan kontennya, begitu pula dengan pemilihan kata kunci. Dan yang perlu sekali ditekankan dalam mempersiapkan sebuah konten website/blog adalah menghindari hal-hal yang dianggap spamming oleh mesin pencari. Oleh karenanya sangat dianjurkan untuk tidak sekali-kali mencantumkan kata-kata yang berulang kali muncul di homepage dari website/blog rekan-rekan sekali. Kadang terlihat pada sebuah website atau blog penerjemah, dengan asumsi bahwa mengulang berkali-kali kata-kata untuk tujuan menembak kata kunci akan mempercepat website/blog terindeks mesin pencari. Sebenarnya, pada kenyataannya hal yang demikian itu justru akan membuat website/blog dari rekan-rekan dianggap sebagai spamming.

2. Membuat Tautan Balik Yang Saling Menguntungkan (Reciprocal linking)
Tautan balik yang saling menguntungkan (reciprocal linking) antar satu website dengan website lainnya akan memberikan keuntungan bagi keduanya. Terlebih lagi bila tautan balik tersebut berasal dari website/blog yang memiliki kesamaan niche dan memberikan tautan balik yang sifatnya dofollow.

Ada dua cara untuk membuat tautan balik yang saling menguntungkan dan sangat bermanfaat untuk kedepannya bagi sebuah website/blog penerjemah, yaitu :
  • Menemukan situs-situs direktori penerjemah, portal penerjemah atau juga milis penerjemah yang memungkinkan rekan-rekan bisa membuat postingan yang mengandung tautan balik (backlink) yang bersifat dofollow ke website/blog yang kita miliki, seperti tautan balik dofollow yang disediakan oleh Direktori Penerjemah Indonesia ini
  • Membuat pertukaran link dengan website/blog yang satu niche, baik itu berupa teks link maupun link banner.

3. Menyebar Artikel
Menulis artikel di portal-portal atau direktori penerjemah, seperti yang saya lakukan ini, adalah cara yang sangat efektif dan sering diabaikan dalam upaya promosi sebuah webiste/blog penerjemah. Padahal manfaat yang akan kita dapatkan kedepannya jauh lebih bermanfaat ketimbang kita beriklan di situs-situs iklan baris gratis. Karena dengan menulis artikel-artikel di di portal-portal atau direktori penerjemah seperti Direktori Penerjemah Indonesia ini, kita bisa menyisipkan tautan balik yang langsung mengarah ke website/blog yang kita miliki, terlebih lagi bila tautan balik tersebut bersifat dofollow, tentunya membuat website/blog kita akan semakin sering dikunjungi oleh alat perambah dari mesin pencari, yang pada gilirannya menjadikan peringkat dari website/blog kita menjadi naik di mesin pencari.

4. Membuat Komentar
Membuat atau meninggalkan komentar yang sifatnya relevan dengan isi atau konten suatu pembahasan di portal-portal penerjemah, direktori penerjemah, web/blog penerjemah merupakan hal yang kadang dianggap sepele. Pada kenyataannya, hal tersebut sangat bermanfaat dan menguntungkan kita, karena dengan memperbanyak membuat atau meninggalkan komentar, secara otomatis kita akan meninggalkan jejak tautan balik yang mengarah langsung ke website/blog kita. Sehingga website/blog penerjemah kita pun akan semakin populer. Untuk itu sangat direkomendasikan kepada rekan-rekan untuk rajin meninggalkan komentar yang relevan pada website/blog apa saja, terutama pada web atau blog dengan niche yang sama.

Demikian artikel saya mengenai hal-hal yang sering terabaikan dalam promosi website penerjemah sebagai pelengkap dari artikel terdahulu yang dikirim oleh rekan Penerjemah Tersumpah Jakarta.

Semoga bermanfaat.



Dikirim Oleh : Penerjemah GlobalTrans
Email : globalpenerjemah73@gmail.com
Kunjungi Website : http://global-translator.blogspot.com/


4 komentar:

  1. Baru nyadar saya pas baca poin nomor 1.
    Pantes aja web saya terlempar jauh ke belakang. Hrs buru2 di benahi nih.
    Trims infonya, gan..berguna bgt :)

    BalasHapus
  2. Tambahan satu lagi, mas..
    Hindari konten dari hasil copy & paste! :D

    BalasHapus

 

Copyright © 2019 Direktori Penerjemah™ is a registered trademark.

Designed by Templateism | Templatelib. Hosted on Blogger Platform.