Strategi Pemasaran Efektif Untuk Website Penerjemah (Artikel)

Strategi Pemasaran Efektif Untuk Website Penerjemah
Di era yang serba online saat ini, hampir semua bidang usaha menerapkan strategi pemasarannya secara online. Tidak terkecuali dengan bidang usaha penerjemahan. Banyak cara yang dilakukan oleh pengelola-pengelola biro penerjemahan untuk menerapkan berbagai strategi pemasarannya tersebut, mulai dari memasang iklan online via situs-situs iklan baris gratis, pemasaran via email, mendaftarkan situs-situs terjemahannya di berbagai situs direktori Indonesia atau situs-situs direktori luar termasuk ke Direktori Penerjemah Indonesia ini, hingga strategi pemasaran dengan cara menulis artikel-artikel yang terntunya berhubungan dengan dunia usaha yang saya geluti saat ini, yaitu usaha penerjemahan.

Kebanyakan pengelola jasa penerjemah saat ini umumnya sudah memiliki website atau blog sebagai media bagi mereka untuk dapat menyampaikan pesan-pesan binis kepada calon-calon pelanggannya. Untuk mencapai sebuah keberhasilan dalam menerapkan stategi pemasaran sebuah website atau blog, konten atau isi website/blog memainkan peranan penting dalam mendorong meningkatkan traffic kunjungan pelanggan ke website/blog Anda. Konten tersebut haruslah benar-benar relevan dengan bidang usaha Anda. Jangan sekali-sekali mengisi konten website/blog Anda dengan hal-hal yang berbau spamming, karena bila sekali saja website / blog Anda dicap oleh mesin pencari sebagai web/blog spamming, jangan pernah berharap website/blog Anda bisa tampil di 10 besar pencarian dari mesin-mesin pencari besar seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya.

Bagi saya pribadi dan berdasarkan pengalaman, baru saya sadari bawah strategi pemasaran efektif untuk website penerjemah ada 2 cara, yaitu dengan cara memasang iklan teks atau iklan banner di tempat yang tepat serta dengan cara menulis artikel terjemahan yang juga ditempat yang tepat pula.

Apa yang dimaksud dengan ditempat yang tepat?


Sebelumnya, untuk mendongkrak posisi website, saya selalu menyebar iklan dan artikel-artikel mulai dari situs-situs penyedia layanan iklan baris gratis atau kirim artikel gratis sampai yang dengan cara menggunkan jasa seo yang berbayar. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa, aktifitas tersebut sedikit membantu, namun yang saya dapatkan selama beriklan dan mengirim artikel ke situs-situs yang tidak tepat hanyalah bersifat sementara saja. Artinya, kadang terlihat website saya terlihat di hasil pencarian, kadang juga sama sekali tidak terlihat dihasil pencarian.

Untuk itu melalui artikel ini, saya mencoba untuk berbagi cara efektif dalam mempromosikan usaha penerjemah yang Anda geluti saat ini. Cara pertama adalah dengan menyebar iklan. Menyebar iklan disini bukan hanya berarti meyebar iklan seperti yang biasa kita lakukan selama ini di situs-situs iklan baris gratis, melainkan dengan cara mendaftar dan bergabung dengan komunitas di portal-portal penerjemah atau situs-situs direktori penerjemah yang banyak terdapat di Internet. Perbanyak meninggalkan jejak Anda dengan membuat komentar-komentar disana. Selain itu pasang banner Anda di portal-portal atau direktori-direktori tersebut. Meskipun berbayar, tapi manfaat yang kita bisa peroleh jauh lebih efektif ketimbang kita memasangnya di situs-situs yang tidak sesuai dengan bidang usaha kita.

Kemudian cara kedua adalah dengan mengirimkan artikel, tentunya artikel yang relevan dengan usaha terjemahan Anda. Sebar artikel-artikel terjemahan ke portal-portal penerjemah atau direktori-direktori penerjemah baik itu situs-situ portal atau direktori luar maupun situs portal atau direktori Indonesia seperti di Direktori Penerjemah Indonesia ini. Ini akan bermanfaat mendatangkan link balik ke website/blog Anda.

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa mesin pencari besar seperti Google, Yahoo dan Bing lebih menyukai adanya tautan balik dari website/blog yang memiliki niche yang sama. Dari situ saja, bisa kita simpulkan bila kita melakukan promosi di tempat dengan niche yang sama akan jauh lebih efektif bukan? Saya sendiri juga baru menyadari hal ini, mulai dari sekarang jangan buang waktu Anda, sebar promosi di tempat yang benar-benar tepat.

Demikian semoga bermanfaat.

Terima kasih.

Salam.


Dikirim Oleh : Penerjemah Tersumpah Jakarta
Email : penerjemahtersumpahjakarta@gmail.com
Kunjungi Website : http://penerjemahtersumpahjakarta.wordpress.com/


4 komentar:

  1. Bermanfaat bgt artikelnya untuk newbie kea saya bos! :-bd
    Thanks a lot dan langsung praktekin aja.

    BalasHapus
  2. Logikanya betul juga ya.
    Kalau promosi di situs yg nichenya sama bisa permanen kita dpt backlink-nya. Berarti web penerjemah ga terlalu perlu pagerank banget untuk bsa hadir di pageone.
    Buktinya, direktori penerjemah ini aja pr msh 0 tapi udah bisa eksis di pageone dg bbrpa keyword tertentu. =D7

    Thx buat yg kirim artikel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, sob!
      Backlink yg bagus hrs dri satu niche yg sama, ga perduli pr0 atau pr brpa kek. Pr itu cma bsa2'a si Larry Page doang. Pr tinggi klu ga di pekiwan wat pa'an? :D

      Hapus
  3. Strateginya cakep bgt, bos!
    Ga sia2 BBS jadi sebesar dan semaju sekarang ini :bd

    BalasHapus

 

Copyright © 2019 Direktori Penerjemah™ is a registered trademark.

Designed by Templateism | Templatelib. Hosted on Blogger Platform.